Menampilkan Data MySql Menggunakan Dreamweaver

In CategoryDreamweaver
Bydony

Didalam Dreamweaver terdapat beberapa tool yang disediakan untuk memudahkan programer web dalam membangun aplikasi berbasis web, tool yang terdapat didalam Dreamweaver akan otomatis menulis kode program sesuai dengan pilihan bahasa pemrograman pada seting site, pada artikel “Seting Site Dreamweaver” dicontohkan bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP maka saat tool dipergunakan kode yang ditulis oleh Dreamweaver adalah kode PHP.

Salah satu tool di Dreamweaver adalah tool untuk menampilkan data yang berada didalam server database MySql, agar tool ini dapat digunakan ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum menggunakannya :

  1. Seting site harus benar
  2. Server Web dan Server Database harus sudah jalan
  3. Harus mempunyai database dan tabel yang akan diakses
  4. Tool untuk melakukan koneksi dengan database harus sudah diset

Panduan seting site dapat dilihat pada artikel “Seting Site Dreamweaver”. Jika belum memiliki database dan tabel dalam server MySql maka jalankan kode pembuatan database dan tabel dibawah ini melalui halaman PHP.

Buat halaman PHP copykan kode dibawah ini, simpan dengan nama buatdatabase.php didalam direktori “C:\xampp\htdocs\Belajar Dreamweaver\” kemudian jalankan melalui browser.

<?php

$conn = mysql_pconnect(“localhost”,”root”,””);

if (!$conn)

{

die(‘Koneksi gagal : ‘ . mysql_error());

}

// Membuat Database

if (mysql_query(“CREATE DATABASE pustaka “,$conn))

{

echo “Database pustaka berhasil dibuat”;

}

else

{

echo “Pembuatan database Error: ” . mysql_error();

}

// Membuat tabel pengarang didalam database pustaka

mysql_select_db(“pustaka”, $conn);

$sql_buat_tabel = “CREATE TABLE `pengarang` (

`IdPengarang` int(11) NOT NULL AUTO_INCREMENT,

`NamaDepan` varchar(15) NOT NULL,

`NamaBelakang` varchar(15) NOT NULL,

`TempatLahir` varchar(30) NOT NULL,

`TanggalLahir` datetime NOT NULL,

PRIMARY KEY (`IdPengarang`)

)”;

mysql_query($sql_buat_tabel,$conn);

// Mengisi tabel pengarang

$sql_isi_tabel = “insert  into pengarang values

(1, ‘Dony’, ‘Yuwono’, ‘Sukoharjo’, ‘1980-06-24 00:00:00’)”;

mysql_query($sql_isi_tabel,$conn);

mysql_close($conn);

?>

Setelah selesai melakukan seting site serta membuat database dan tabel langkah selanjutnya adalah membuat koneksi ke server database MySql dengan tool koneksi. Untuk membuat koneksi dari tool koneksi :

  1. Perlihatkan secara utuh jendela Aplication Macromedia Dreamweaver.
  2. Klik tab Databases, klik tombol +, klik MySql Connection.
  3. Isi properti yang berada pada jendela konection sesuai dengan gambari dibawah ini. Untuk properti Database sebaiknya pengisian dilakukan dengan memilih database melalui tombol select, untuk mengetahui apakah seting dan database sudah sesuai.
    Jendela Membuat Koneksi
  4. Klik OK untuk menyetujui dan menyimpan seting koneksi.
  5. Setelah tombol OK diklik maka akan terbentuk folder Connection dan fiel koneksi secara otomatis pada direktori Local Root, untuk melihatnya buka jendela Files dan pilih Loca View pada kotak kombo (combo box) kanan, agar didalam direktori server juga terdapat folder dan file tersebut maka lakukan upload Connection tersebut dengan menyeleksi folder root kemudian klik tanda panah keatas warna biru (Put File(s)) yang  berarti upload direktori Connection beserta isinya kedalam direktori server.

Agar tampilan data pada halaman web tertata rapi maka harus dibuat tabel dalam halama web ini untuk menempatkan data yang diambil dari MySql. Tabel yang harus dibuat adalah tabel dengan jumlah kolom 5 dan jumlah baris 2. Baris pertama merupakan kepada kolom (header coloumn) yang diisi dengan teks No, Nama Depan, Nama Belakan, Tempat Lahir, dan Tanggal Lahir, sedangkan baris kedua adalah baris data yang nantinya akan diisi dengan data pengarang yang terdapat pada server MySql.

Tool yang digunakan untuk mengambil baris data adalah Recordset yang terdapat didalam tab Server Behavior jendela Aplication. Untuk menampilkan menu Server Behavior klik tombol +, kemudian klik Recordset untuk menampilkan jendela Recordset. Isi properti yang berada pada jendela rocordset sesuai dengan gambar dibawah ini.

Untuk menyimpan seting klik tombol OK, dalam layar Server Behavior seharusnya sudah tampil nama recordset “pengarang ”, untuk menampilkan data yang sudah diambil kedalam tabel lakukan drag nama kolom dari tab Bindings sebelah kiri tab Serber Behavior. Jika nama kolom belum tampil dilayar maka klik tanda + yang berada disebelah kiri nama recordset.

Drag nama kolom yang berada ditab Binding kedalam masing-masing kolom yang berada didalam jendela Design Dreamweaver, setelah seluruh kolom terisi langkah selanjutnya adalah mengulang baris yang telah didrag kedalam jendala Design tadi dengan cara menyeleksi baris kedua yang berisi baris data kemudian lakukan proses pengulangan (looping) pada baris tadi menggunakan tool Repeat Region yang merupakan menu dari Server Behavior.

Download : tampil data mysql.pdf

Tags: ,