Menambah Data MySql Menggunakan Dreamweaver

In CategoryDreamweaver, Tutorial
ByDonyYuwono

Selain terdapat tool untuk menampilkan data yang berada didalam server database, Dreamweaver juga menyediakan tool untuk manambahkan data kedalam server database dengan sangat mudah. Dalam tulisan ini akan diulas secara singkat cara mudah membuat program entri data kedalam MySql. Agar latihan kali ini berjalan dengan lancar sebelumnya harus setting site terlebih dahulu (baca artikel “Setting Site Dreamweaver“), kemudian buat program untuk menampilkan data yang terdapat didalam artikel “Menampilkan Data MySql Menggunakan Dreamweaver“.

Setelah setting site dan pembuatan program untuk menampilkan data sukses dikerjakan, buat satu halaman web dan simpan dengan nama tambahdata.php. Buatlah desain form didalam halaman tambahdata.php, kode desain form untuk halaman tambahdata.php dapat dicopy dengan script dibawah ini :

<html>
<head>
<title>Tambah Data</title>
</head>

<body>
<form name=”form1″ method=”post” action=””>
<table width=”50%”  border=”0″ align=”center” cellpadding=”0″ cellspacing=”1″>
<tr align=”left” valign=”top”>
<td width=”150″ height=”25″>Nama Depan</td>
<td><input name=”NamaDepan” type=”text” id=”NamaDepan”></td>
</tr>
<tr align=”left” valign=”top”>
<td height=”25″>Nama Belakang</td>
<td><input name=”NamaBelakang” type=”text” id=”NamaBelakang”></td>
</tr>
<tr align=”left” valign=”top”>
<td height=”25″>Tempat Lahir </td>
<td><input name=”TempatLahir” type=”text” id=”TempatLahir”></td>
</tr>
<tr align=”left” valign=”top”>
<td height=”25″>Tanggal Lahir </td>
<td><input name=”TanggalLahir” type=”text” id=”TanggalLahir”></td>
</tr>
<tr align=”left” valign=”top”>
<td height=”25″>&nbsp;</td>
<td><input type=”submit” name=”Submit” value=”Simpan”></td>
</tr>
</table>
</form>
</body>
</html>

Kemudian pindah ke mode Design pada jendela kerja Dreamweaver pada mode Design akan terlihat tampilan kurang lebih seperti dibawah ini:

Form Tambah Data Dreamweaver

Langkah selanjutnya adalah membuat kode untuk meyimpan data dan mengembalikan halaman ke halaman tampil data agar data yang sudah dimasukkan dapat terlihat. Untuk membuat kode tambah data gunakan tool Insert Record yang berada pada toolbox Application tab Server Behavior, setelah tampil jedela Insert Record pilih connection seperti saat membuat program tampil data pada artikel “Menampilkan Data MySql Menggunakan Dreamweaver“, kemudian pilih tabel pengarang pada kotak pilihan Insert Table, pada kotak column seharusnya sudah sesuai antara kolom yang berada pada MySql dengan kotak input yang berada pada form desain input karena pada form tersebut nama kotak input sudah sesuai dengan nama kolom pada tabel pengarang. Masukkan nama file yang digunakan untuk menampilkan data pada kotak input After Inserting, go to agar lansung menuju halaman tampil data setelah proses tambah data selesai.

Menambah Data MySql Menggunakan Dreamweaver.pdf

Tags: ,